sumber gambar: kompas
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

The American Academy of Pediatric (TAAP) menyarankan orangtua untuk mengurangi paparan sinar LED, baik dari ponsel pintar, tablet, dan televisi yang langsung kontak dengan mata bayi serta anak usia bawah lima tahun.

Paparan langsung sinar LED bisa merusak sistem otak dan mengganggu kemampuan motorik anak.

Namun, kekhawatiran yang sekarang menjadi perhatian TAAP adalah orangtua yang lebih memilih bermain ponsel ketimbang menghabiskan waktu bersama anak-anak.

Menurut laporan TAAP, lebih kurang 70 persen orangtua sibuk dengan ponsel, tablet, dan laptop ketika bersama anak-anak.

Situasi yang sering terjadi adalah saat anak mencoba berkomunikasi dan mengajak bermain, orangtua malah memberikan mereka tablet penuh dengan aplikasi permainan. Tujuannya supaya anak berhenti mengganggu orangtua.

Pada sebuah jurnal akademis yang dipublikasikan tahun 2015 bertajuk Cyber Babies: The Impact of Emerging Technology on Developing Infant, menguraikan bahwa berdasarkan neurosains stimulasi otak anak yang sering bermain ponsel, tablet, dan sebagainya terjadi penurunan ketika mereka dewasa.

Selain itu, perkembangan teknologi di ranah gadget ini telah membuat waktu berkomunikasi dan bermain anak serta orangtua terus menurun.

Nah, kondisi itu yang lebih berbahaya ketimbang sinar LED.

Uraian pada jurnal tersebut di atas menemukan bahwa setiap anak butuh bonding dengan orangtua lebih kurang 60 menit dalam satu hari.

Sebab, anak yang dari bayi sering bermain dan berbicara dengan ayah ibu terbukti memiliki kemampuan sosialisasi, toleransi, dan empati yang tinggi.

Ponsel dan tablet menjauhkan hubungan orangtua dengan anak. Dampak paling signifikan dari kondisi itu adalah tidak terpenuhinya perhatian serta kasih sayang orangtua pada anak secara baik serta maksimal.

Tantrum, sifat egois, keras kepala, dan suka memukul, merupakan ciri-ciri anak yang jarang mendapatkan waktu berkualitas bersama orangtua saat masih bayi.

Sumber: Kompas

Facebook Comments
Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.