Keluarga cemara
Sumber gambar: Visinema Pictures via Youtube.
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Dalam film lebar Keluarga Cemara (CK), hasil alih wahana dari serial sinetron TV ke layar lebar film bioskop terlihat menarik dan terdapat beberapa yang menarik diulas. Kali ini saya ingin mengulas sekilas saja tentang peran atau pengaruh sang Kakak. Dalam sebuah keluarga, secara sosiologis, kakak itu pengganti orang tua atau pembimbing adik-adiknya.

Dalam film ini ada dua kakak, yaitu kakak ipar isteri, Fajar, seorang lelaki dan kakak dalam KC, Euis, seorang perempuan. Tulisan ini terinspirasi dari ulasan Abdul Rosyidi yang sudah mengulas film ini dengan renyah di mubaadalahnews.com. Saran saya untuk pembaca, baca tulisan itu juga karena saya hanya menambahkan saja.

Pertama, saya ingin menyoroti perpindahan dari kota (Jakarta) ke kampung (Bogor). Kepindahan KC ini akibat ulah kakak ipar (kakak lelaki dari isteri KC) yang meng-agun-kan rumah KC ke salah satu rentenir. Tanpa ada komunikasi dengan adik iparnya. Kecuali komunikasi pada suami (Abah). Itupun dengan cara penipuan yang legal, ada surat kuasa. Hati-hati dengan model begini bisa terjadi di manapun. Kepercayaan kadang dibalas dengan kecurangan.

Pemilihan kampung di Bogor juga menarik di tengah isu lingkungan yang nyaris kurang mendapat perhatian publik. Apalagi, di akhir cerita, rumah tidak jadi dijual, walaupun karena mempertimbangkan anak-anaknya yang suka tinggal di situ, ada kebersamaan. Begitulah yang dirasakan Ara, sebagai anak terkecil yang jarang sekamar dengan kakaknya Euis dan jarang kumpul dengan Abah (bapaknya).

Kedua, ada yang menarik dari peran Euis, Kakak Ara dalam KC. Sebagai anak Jakarta, Euis mencoba adaptasi dengan kehidupan di kampung. Mulai dari tempat tinggal, jenis makanan, mainan, sekolahan, hingga harus berjualan emping karena tuntutan keluarga.

Di antara semua itu, saya ingin menyoroti adaptasi di sekolah dan berjualan emping. Di sekolah, Euis sebagai anak Jakarta sangat pandai dalam berbahasa Inggris. Terlihat saat beberapa siswa siswi untuk perkenalan, semuanya kagok dan tidak tuntas. Tentu, ini bias orang kota. Ada kesan siswa yang sekolah SMP di kampung tidak bisa bahasa Inggris.

Hal positif lain dari peran Euis dalam film ini, akhirnya dia mau berjualan emping di sekolahnya. Awalnya dia malu sekali, maklum anak gedongan dari Jakarta, kok jualan, di sekolahannya lagi. Setelah ada beberapa kawan perempuannya yang empati pada Euis, baru dia tidak malu-malu lagi. Bahkan seperti sudah menjadi tugas harian Euis untuk membawa emping setiap berangkat sekolah.

Peran Kakak di atas ternyata luar biasa dalam film ini. Yang satu berakibat bangkrutnya keluarga, dan yang satunya lagi, mencoba membangkitkan secara ekonomi keluarga.

Masa lalu, memang susah sekali dihilangkan, seperti pada Euis yang menjadi penari dalam klubnya di Jakarta. Dia harus berani melawan larangan Abah untuk bertemu kawan-kawannya dari Jakarta. Bahkan HP-nya disita sekolah. Tapi itu tak menyurutkan langkahnya untuk bertemu teman-temannya. Masa Lalu yang indah memang berat ditinggalkan.

Walaupun akhirnya, Euis dapat hidup adaptasi di Bogor dan menemukan teman-teman barunya, tidak hanya perempuan tapi juga lelaki. Kesetiakawanan teman-temannya juga terasa saat rumahnya mau dijual. Untungnya di akhir film, rumah tidak jadi dijual. Sehingga KC ini memilih hidup sederhana di kampung yang alamnya indah, asri dan keren di pegunungan.

Selain itu, yang tak kalah asyik adalah mencermati peran isteri Abah, Emak yang juga tak kalah pentingnya dalam film KC. Dialah unsur penting dalam kebahagiaan keluarga di tengah himpitan ekonomi.

Dalam keluarga, peran satu orang dengan lainnya pasti saling mendukung dan melengkapi. Tidak ada yang merasa superior dan hebat sendirian. Begitulah lumrahnya sebuah keluarga. Film ini seperti mengingatkan kita sendiri. Daya inilah yang membuat penonton di dalam gedung film banyak yang terbawa perasaaan, sedih tapi kemudian terbahak-bahak. Demikian ulasan singkat ini, semoga bermanfaat.[]

Facebook Comments
Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.